Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam Adaptasi Teknologi di SDN Serang 19
Kata Kunci:
Kampus Mengajar, Pembelajaran, Pendidikan, TeknologiAbstrak
Jurnal ini bertujuan untuk menjelaskan peranan mahasiswa program kampus mengajar angkatan 5 dalam pengadaptasian teknologi terhadap siswa di SD Negeri Serang 19. Kampus mengajar merupakan sebuah program dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan guna memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk belajar diluar kampus dengan menjadi mitra guru di seluruh sekolah yang ada di Indonesia, dengan tujuan memberikan inovasi dalam pembelajaran, pengembangan strategi, dan model pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Jurnal ini didasarkan atas permasalahan yang sering terjadi di dunia pendidikan yaitu kurangnya penggunaan teknologi didalam aspek-aspek pendidikan di sekolah dasar terutama dalam hal kegiatan belajar mengajar. hal ini disebabkan oleh berbagi faktor yang ada salah satunya kurangnya fasilitas penunjang untuk terlaksananya kegiatan yang melibatkan teknologi serta kurannya pemahaman guru dalam pengoprasian pemberlajaran yang berbasis teknologi. Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan dilakukannya pengamatan yang mendalam akan kasus yang diangkat dengan menekankan pada metode observasi dan wawancara. Hasil Observasi menunjukan bahwa pemanfaatan teknologi didalam kegiatan belajar mengajar di SD Negeri Serang 19 masih belum merata untuk semua kelas. Hasil wawancara menunjukan bahwa mahasiswa program kampus mengajar angkatan 5 sangat berperan dalam adaptasi teknologi terhadap siswa dengan penerapan pembelajaran yang berbasis teknologi. Sehingga dapat memberikan pengalaman baru dalam kegiatan belajar mengajar yang dialami siswa. Berdasarkan kedua hasil tersebut, hadirnya mahasiswa program kampus mengajar angkatan 5 menunjukan bahwa peranan mahasiwa program kampus mengajar dalam pengadaptasian teknologi bagi siswa di SD Negeri Serang 19 memberikan dampak baik bagi terlaksananya kegiatan belajar mengajar yang lebih menarik. selain membantu mengatasi permasalahan dan meberikan solusi yang praktis kepada sekolah terutama dalam aspek pengadaptasian teknologi didalam kegiatan pembelajaran.