Penerapan Program Visit Maestro Dalam Meningkatkan Kognitif Peserta Didik
Kata Kunci:
Homeschooling, Visit maestro, kemampuan kognitifAbstrak
Program pembelajaran homeschooling melibatkan perencanaan dan struktur yang disusun oleh keluarga atau tutor sebagai sarana mengajar dan mendidik anak di rumah. Ini meliputi menetapkan tujuan pembelajaran, memilih materi pembelajaran, mengatur jadwal, dan memilih metode pengajaran yang sesuai. Dengan homeschooling, keluarga memiliki kebebasan penuh untuk merancang program pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat anak mereka. Program pembelajaran yang dirancang dalam pendidikan homeschooling bertujuan tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan emosional dan psikomotor, tetapi juga kemampuan kognitif. Salah satu contoh program pembelajaran homeschooling untuk membantu peserta didik belajar yaitu program visit maestro yang ada pada Homeschooling Saffari Flexi School di Serang, Banten. Program Visit Maestro adalah salah satu inisiatif yang diadakan oleh Saffari Flexi School, yang memungkinkan peserta didik untuk berinteraksi langsung dengan para ahli di bidangnya. Homeschooling Saffari Flexi School menerapkan Program Visit Maestro untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik melalui kunjungan langsung kepada para maestro atau ahlinya. Dalam kunjungan ini, peserta didik dapat mengamati dan belajar secara langsung dari maestro yang akan memperkuat motivasi mereka dalam bidang yang mereka tekuni. Sebagai contoh, jika peserta didik memiliki minat dalam bidang robotic, dengan mengunjungi tempat robotic secara langsung mereka akan mengalami dampak positif langsung pada kemampuan kognitif mereka. Dalam kunjungan tersebut, peserta didik akan belajar melalui interaksi dengan ahli dan memperoleh pemahaman yang mendalam tentang bidang yang mereka tekuni. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif sebagai pendekatan penelitian, di mana penulis mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seperti apa program visit maestro dalam meningkatkan kognitif peserta didik.