Pengembangan Keterampilan Berwirausaha di Homeshooling (Studi Kasus di Saffari Flexi School)

Penulis

  • Nida Hayatunnisa Pendidikan Non Formal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nessyarahma Aulia Pendidikan Non Formal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Kata Kunci:

Keterampilan, kewirausahaan, Homeschooling

Abstrak

Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengembangan keterampilan berwirausaha di homeshooling, dengan studi kasus di Saffari Flexi School. Metode penelitian yang dipakai yakni kualitatif dengan teknik pengumpulan data lewat teknik wawancara dan observasi. Pengolahan data penelitian dilaksanakan dengan analisis induktif. Hasil penelitian mencerminkan bahwasanya pengembangan keterampilan berwirausaha di homeshooling dapat dilaksanakan melalui beberapa cara, seperti memberikan pelatihan kewirausahaan dan memberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan kewirausahaan, seperti sebagaimana yang telah dilaksanakan di Saffari Flexi School. Selain itu, pengembangan keterampilan berwirausaha di homeshooling juga dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan lain seperti kreativitas, inovasi, dan kepemimpinan. Studi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagipengembangan pendidikan di Indonesia, khususnya dalam pengembangan keterampilan berwirausaha di homeshooling.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-21

Cara Mengutip

Hayatunnisa, N., & Aulia, N. (2023). Pengembangan Keterampilan Berwirausaha di Homeshooling (Studi Kasus di Saffari Flexi School) . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal, 1. Diambil dari https://ejournal.untirta.ac.id/SNPNF/article/view/106