Kualitas Pelayanan Publik Sektor Pendidikan: Analisis Survey Kepuasan Masyarakat di Kabupaten Pandeglang
Kata Kunci:
Pendidikan, Pelayanan Publik, Survey Kepuasan MasyarakatAbstrak
Keberhasilan Pemerintah Daerah dalam menjalankan perananya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sangat ditentukan pada tingkat kualitas pelayanan publik yang disediakan. Salah satu upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan publik tersebut adalah dengan melakukan evaluasi untuk menilai kinerja pelayanan yang disediakan oleh berbagai Unit Organisasi/Perangkat Daerah salah satunya pada sektor pendidikan. Hal tersebut dapat dilakukan melalui Survei Kepuasan Masyarakat sebagai tolak ukur keberhasilan penyelenggaraan pelayanan. Produk tersebut secara tersurat menegaskan bahwa kepuasan masyarakat merupakan ukuran untuk menilai kualitas layanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap Pelayanan Dasar pemerintah Kabupaten Pandeglang pada sektor pendidikan melalui Survey Kepuasan Masyarakat (SKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang berpedoman pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik yang menggunakan metode survei dengan pengukuran skala Likert. dilaksakan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten pandeglang. Hasil penelitian mnenunjukan Nilai terendah hasil perhitungan SKM sektor pendidikan terdapat pada unsur Waktu Pelayanan dengan nilai unsur 2,90 dengan interval 2,60-3,064 dengan kategori (Kurang Baik). Sedangkan nilai tertinggi hasil perhitungan SKM terdapat pada unsur Biaya dan Tarif sebesar 3,83 dengan interval 3,532-4,00 dengan kategori (Sangat Baik). Nilai SKM setelah dikonversi pada Unit Pelayanan Pendidikan Dasar adalah 82,48. Dengan kategori baik (B).