Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah dan Kelas Membaca Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Literasi Peserta Didik
Kata Kunci:
Gerakan Literasi Sekolah, Kampus Mengajar 5, Kebiasaan Membaca, Pembiasaan LiterasiAbstrak
Penumbuhan minat baca sangat penting untuk diterapkan sejak usia dini. Hal ini bertujuan agar terciptannya sifat budaya membaca yang dimiliki ketika anak masuk ke dalam dunia sekolah. Berdasarkan observasi dan wawancara, ditemukan fakta bahwa tidak ada kegiatan pembiasaan literasi yang dilakukan di SD Negeri Lialang. Selain itu, masih banyak peserta didik SD Negeri Lialang baik di kelas rendah maupun di kelas tinggi yang masih belum bisa membaca dengan baik dan benar. Dengan demikian, perlu adanya pembiasaan literasi di sekolah untuk menumbuhkan minat baca dalam diri peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dikarenakan bersifat deskriptif sehingga dapat menghasilkan data tertulis ataupun lisan dari subjek penelitian yang diamati. Subjek penelitian ini adalah peserta didik dengan sumber data diperoleh dari kegiatan observasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh adalah kedua program yang telah dilaksanakan selama 3 bulan menunjukkan perubahan positif. Minat membaca peserta didik meningkat yang ditunjukkan dengan banyak judul buku yang telah dibaca oleh peserta didik. Banyak peserta didik dari kelas rendah maupun kelas tinggi juga mengalami perkembangan positif terkait kemampuan membaca yang ditunjukkan dengan laporan perkembangan kemampuan membaca yang telah diserahkan kepada guru kelas masing-masing.