Membangun Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Kecakapan Hidup di Lingkungan Keluarga

Penulis

  • Nayyera Noor Pendidikan Non Formal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Anita Dahyati Pendidikan Non Formal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Kata Kunci:

Anak Usia Dini., Kemandirian, Keluarga, Pendidikan Kecakapan Hidup

Abstrak

Pada proses perkembangan, anak-anak tentu saja memerlukan bantuan orang dewasa dalam melakukan dan menyediakan apa yang anak butuhkan. Tetapi anak tidak akan selamanya bergantung pada orang dewasa sehingga dalam perkembangannya sikap kemandirian anak perlu dikembangkan. Keluarga merupakan sekolah pertama bagi anak sehingga orang dewasa di dalam keluarga harus memberikan pendidikan yang membangun kemandirian anak. Membangun kemandirian anak dapat dilakukan melalui pendidikan kecakapan hidup. Pendidikan kecakapan hidup adalah pendidikan yang memberikan kecakapan salah satunya tentang personal skills atau kemampuan personal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literatur. Pada teknik pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah membentuk anak usia dini sebagai individu yang mandiri sangat akan bermanfaat dalam kehidupannya sehari-hari. Anak yang telah dibiasakan untuk mandiri sejak dini akan menumbuhkan kesiapan untuk kehidupannya di masa depan saat mereka dewasa.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-21

Cara Mengutip

Noor, N., & Dahyati, A. (2023). Membangun Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Kecakapan Hidup di Lingkungan Keluarga. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal, 1. Diambil dari https://ejournal.untirta.ac.id/SNPNF/article/view/43