Memahami Motivasi Dan Tantangan Orang Tua Berbasis Homescooling Dengan Pendekatan Metode Pembelajaran Proyek
Kata Kunci:
Homeschooling, motivasi, tantanganAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan yang dihadapi oleh orang tua dalam
melaksanakan homeschooling sebagai pendidikan alternatif untuk anak serta mengetahui
motivasi orang tua memilih homeschooling sebagai sekolah alternatif bagi anak dan
bagaimana cara orang tua menumbuhkan motivasi belajar pada anak dengan metode
pembelajaran proyek. Orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam pendidikan
anak-anaknya diantaranya sebagai motivator. Dalam hal ini orang tua harus senantiasa
memberikan dorongan kepada anaknya agar mempunyai semangat dalam belajar,
khususnya dalam belajar dirumah sebagai penunjang keberhasilan prestasi disekolahnya.
Adapun upaya yang dapat dilakukan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar
anak antara lain: 1) mengetahui hasil, 2) memberikan hadiah dan hukuman, 3)
menyediakan alat atau fasilitas yang dibutuhkan. Dimana dalam memotivasi pastinya
tidak mudah, terdapat tantangan atau hambatan yang dialami oleh rang tua, tantangan
tersebut diantaranya: 1) Kesiapan dan komitmen anak dan orang tua, 2) Respon dari
lingkungan sekitar, 3) masalah waktu belajar dan masalah psikologis. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana orang tua baik ayah ataupun ibu di
daerah Ciwaru dan Ibu Dita Yunia, S.Pd sebagai informan yang diwawancarai untuk
memberikan informasi dan observasi dengan mengamati kegiatan yang dilakukan dalam
keluarga tersebut serta studi pustakaan seperti buku, jurnal, internet, serta mber lainnya
yang relevan. Hasil menunjukan bahwa motivasi itu sangat penting apalagi dalam
motivasi belajar. Kita sebagai orang tua harus bisa menjadi motivator bagi anak-anak
karena dengan adanya motivasi dapat dijadikan sebagai pendorong untuk mencapai
tujuan. Adanya motivasi yang baik akan menunjukkan hasil yang lebih baik juga.