Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Pendidikan Homeschooling Al – Achsan Cilegon
Kata Kunci:
Efektivitas, Pembelajaran daring, HomeschoolingAbstrak
Pendidikan merupakan bagian terpenting dalam kehidupan masyarakat di Indonesia.
Untuk mendapatkan pendidikan untuk saat ini terbilang cukup mudah peserta didik dan
pendidik bisa menggunakan metode pembelajaran daring yaitu pembelajaranyang
dilakukan jarak jauh sehingga keterhambatan waktu, tempat dan jarak tidak akan teratasi.
Dengan berjalannya waktu, dalam pembelajaran daring banyak ditemui kendala yang
terutama menghambat hak siswa untuk belajar secara efektif dan tepat, yang disebabkan
oleh penjelasan yang kurang memadai dari guru dan kurangnya penggunaan aplikasi.
Namun homeschooling menggunakan metode pembelajaran daring merupakan alternatif
yang dapat dilakukan, agar mempunyai banyak siswa untuk bergabung dari berbagai
tempat pun terjangkau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas
pembelajaran daring dalam pendidikan homeschooling Al-Achsan cilegon. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara. Hasil
penelitian menunjukkanTentang pembelajaran interaktif sistem homeschooling
merupakan salah satu alternatif pendidikan anak didik yang bermutu dan layak, baik di
bawah bimbingan sekolah maupun secara mandiri oleh orang tua. Peran homeschooling
sebagai sarana bagi siswa untuk berkomunikasi tentang mata pelajaran agar lebih mudah
dipahami.