Implementasi Pola Pengasuhan Orang Tua (Ibu Rumah Tangga) Terhadap Perkembangan Anak di Daerah Ciwaru

Penulis

  • Masturi Pendidikan Non Formal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Amalia Yuniardi Pendidikan Non Formal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Nurkholisoh Pendidikan Non Formal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Kata Kunci:

orang tua, pola pengasuhan, perkembangan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana masing-masing orang tua
menangani anaknya. Ini juga akan menjelaskan apa saja yang dapat mempengaruhi cara
orang tua menangani anak mereka. Dengan menggunakan metode observasi,
dokumentasi, dan wawancara, penelitian ini mengumpulkan data lapangan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi kasus.
Penelitian ini menggunakan dua jenis data, yaitu data primer dan sekunder. Data primer
diperoleh melalui wawancara, dan data sekunder diperoleh dari berbagai sumber,
termasuk buku, jurnal, dan internet, selain sumber lainnya yang relevan dengan tujuan
penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga adalah tempat pertama yang
menuntut. Di dalam keluarga orang tua sangat mempengaruhi perkembangan sosial anak.
2) Pola asuh otoriter, demokratis, dan permisif pasti ada pada setiap orang tua.
Bagaimana seseorang mendidik anaknya akan berdampak pada perkembangan sosial dan
kepribadiannya; contohnya, bagaimana seseorang mendidik anak dengan cara yang tidak
baik akan menyebabkan perkembangan sosial anak yang baik terhambat. 3) komponen
yang secara alami mendukung gaya pengasuhan orang tua terhadap anak mereka, seperti
pendidikan, keadaan sosial ekonomi, lingkungan, dan kepercayaan agama atau spiritual.
Kata Kunci: orang tua, pola pengasuhan, perkembangan

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-21

Cara Mengutip

Masturi, Yuniardi, A., & Nurkholisoh, S. (2023). Implementasi Pola Pengasuhan Orang Tua (Ibu Rumah Tangga) Terhadap Perkembangan Anak di Daerah Ciwaru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal, 1. Diambil dari https://ejournal.untirta.ac.id/SNPNF/article/view/53