Penanganan Mitigasi Bencana Gempa Bumi di Wilayah Banten Melalui Pendekatan Science Technology Engineering Art and Mathematics (STEAM) Pada Anak Usia Dini

Penulis

  • Novita Sari Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Bina Bangsa,
  • Popi Dayurni Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Bina Bangsa
  • Maulida Nur Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Bina Bangsa,
  • Lusi Miftahul Zanah Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Kata Kunci:

Anak Usia Dini, Mitigasi Bencana, STEAM

Abstrak

Daerah Banten bisa menjadi salah satu wilayah yang menjadi fokus penanganan mitigasi
bencana untuk anak usia dini dikarenaka letak geografis Indonesia yang terletak pada
wilayah Cincin Api Pasifik atau Ring of Fire on Pacific Rims dimana wilayah tersebut
memiliki potensi rawan akan bencana. Provinsi di Banten khususnya Kecamatan Sumur
juga berada dalam zona prisma akresi yang rawan akan bencana alam gempa bumi. Oleh
karena itu masyarakat di Kecamatan Sumur perlu memiliki kemampuan untuk mitigasi
bencana gempa bumi khususnya untuk anak usia dini. Dengan demikian dalam melakukan
analisis dan mengkaji Penanganan Mitigasi Bencana Gempa Bumi di Wilayah Banten
melalui pendekatan Science Technology Engineering Art and Mathematics (STEAM)
pada Pendidikan Anak usia Dini. Serta melihat peran dari beberapa pihak yang terkait
sehingga mitigasi bencana pada pendidikan anak usia dini dengan pendekatan Science
Technology Engineering Art and Mathematics (STEAM) dapat di terapkan. Pengetahuan
mitigasi bencana perlu diberikan kepada masyarakat di daerah Kecamatan Sumur,
Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten khususnya anak usia dini sebagai usaha untuk
bertahan pada kondisi tersulit ketika bencana alam terjadi.
Kata kunci: Anak Usia Dini; Mitigasi Bencana; STEAM.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-21

Cara Mengutip

Sari, N., Dayurni, P., Nur, M., & Zanah, L. M. (2023). Penanganan Mitigasi Bencana Gempa Bumi di Wilayah Banten Melalui Pendekatan Science Technology Engineering Art and Mathematics (STEAM) Pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal, 1. Diambil dari https://ejournal.untirta.ac.id/SNPNF/article/view/56