Perubahan Pola Pikir dan Perilaku Warga Belajar Paket C sebagai Hasil Pembelajaran Transformatif di PKBM Cipta Cendekia Kota Tangerang
Kata Kunci:
Pendidikan Kesetaraan, Pembelajaran Transformatif, Pola Pikir dan PerilakuAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan pembelajaran transformatif pada pendidikan kesetaraan Paket C (2) Perubahan pola pikir warga belajar Paket C sebagai hasil pembelajaran transformatif (3) Perubahan perilaku warga belajar Paket C sebagai hasil pembelajaran transformatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dalam teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini yaitu 1 pengelola, 1 tutor, dan 10 warga belajar Paket C di PKBM Cipta Cendekia Kota Tangerang. Hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran transformatif yang dilakukan oleh tutor dilakukan melalui beberapa bentuk kegiatan, yaitu ice breaking, mengkolaborasi metode pembelajaran berupa games, menyajikan sudut pandang yang berbeda, tutor memberikan perhatian khusus kepada warga belajar, tutor mengkritisi persoalan, membentuk sebuah tim atau kelompok untuk membuat mind mapping, memberikan penugasan mandiri dan kelompok, kuis, presentasi, diskusi, membentuk kelompok diskusi, menindaklanjuti diskusi, memberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat baru. (2) Hasil perubahan pola pikir warga belajar Paket C yaitu perubahan cara pandang, pemahaman terhadap diri terkait prioritas antara sekolah dan bekerja, mencari informasi tambahan dan mempelajari kembali materi, peningkatan motivasi, rasa optimis. (3) Hasil perubahan perilaku warga belajar Paket C yaitu kehadiran warga belajar, sikap bertanggung jawab, warga belajar tidak ingin mengulangi kesalahan tindakan yang pernah dilakukan dahulu, warga belajar lebih menghargai tutor, dan keterlibatan warga belajar dalam kegiatan belajar di kelas.