Layanan Pendidikan Alternatif untuk Menumbuhkan Prestasi Akademik Siswa Homeschooling HSPG Serang
Kata Kunci:
Pendidikan karakter, Prestasi, HomeschoolingAbstrak
Penelitian ini yang bertujuan untuk melihat secara empiris hubungan antara dukungan sosial dan self regulated learning pada siswa HSPG Serang. Homeschooling merupakan salah satu model pendidikan yang dapat memperluas model pendidikan di Indonesia. Dengan ini homeschooling sebagai suatu lembaga pendidikan alternative yang dapat menunjang tujuan pendidikan nasional Indonesia. Penelitian ini mengggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang dilakukannya dengan wawancara dan observasi. Teknik analisis data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan kesimpulan dari penelitian. Dengan hipotesis yang diajukan dalam penelitian merupakan hubungan yang positif antara dukungan sosial dengan self-regulated learning pada siswa HSPG serang. Pembahasan pada homeschooling ini merupakan suatu perspektif dalam perkembangan anak. Yaitu suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena- fenomena yang ada. Berdasarkan temuan yang berada di HSPG Serang terdapat siswa yang di HSPG Serang dengan sebelumnya pernah mengikuti sekolah formal dan melanjutkan kembali di homeschooling sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh terhadap bimbingan konseling yang terdapat di HSPG serang sangat berpengaruh terhadap motivasi siswa dan prestasi. Sebagai salah satu faktor yang menjadi pendukung yaitu orang tua, tutor, teman dan sarana prasarana dalam homeschooling. Dari hasil pendidikan karakter anak dalam HSPG serang menunjukkan hasil yang mempengaruh dan dengan warga belajar yang memiliki karakter kuat juga mempengaruhi terhadap prestasi akademik anak di sekolah formal maupun perbedaan homeschooling.