Pola Pembelajaran Program Kecakapan Hidup Menjahit di Lpk Anita Kota Serang
Kata Kunci:
Pola Pembelajaran, Keterampilan Hidup MenjahitAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan model pembelajaran, elemen pendukung, dan elemen penghalang dalam kursus menjahit di LPK Anita di Kota Serang. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Anita, kepala LPK, instruktur, dan peserta kursus adalah peserta penelitian. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Analisis data mencakup proses pengurangan data, penyampaian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pembelajaran kursus menjahit di LPK Anita mencakup berbagai kegiatan, seperti membuat lingkungan belajar yang baik, merencanakan struktur pembelajaran, mengidentifikasi kebutuhan belajar, menetapkan tujuan belajar, merencanakan pengalaman belajar, mengelola kegiatan belajar, dan melakukan evaluasi dan penyesuaian terhadap kebutuhan peserta kursus. Di antara faktor penghambat pembelajaran adalah perbedaan latar belakang pendidikan peserta kursus, yang berdampak pada pemahaman berbagai materi. Namun, elemen pendukungnya seperti ketersediaan fasilitas dan infrastruktur pembelajaran yang lengkap di LPK Anita, serta adanya instruktur yang memiliki kompetensi dalam menyampaikan materi.