Pola Pembelajaran Program Kecakapan Hidup Menjahit di Lpk Anita Kota Serang

Penulis

  • Ade Riansyah Pendidikan Non Formal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Muhammad Iqbal Pendidikan Non Formal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Indra Sudrajat Pendidikan Non Formal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Kata Kunci:

Pola Pembelajaran, Keterampilan Hidup Menjahit

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan model pembelajaran, elemen pendukung, dan elemen penghalang dalam kursus menjahit di LPK Anita di Kota Serang. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Anita, kepala LPK, instruktur, dan peserta kursus adalah peserta penelitian. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Analisis data mencakup proses pengurangan data, penyampaian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pembelajaran kursus menjahit di LPK Anita mencakup berbagai kegiatan, seperti membuat lingkungan belajar yang baik, merencanakan struktur pembelajaran, mengidentifikasi kebutuhan belajar, menetapkan tujuan belajar, merencanakan pengalaman belajar, mengelola kegiatan belajar, dan melakukan evaluasi dan penyesuaian terhadap kebutuhan peserta kursus. Di antara faktor penghambat pembelajaran adalah perbedaan latar belakang pendidikan peserta kursus, yang berdampak pada pemahaman berbagai materi. Namun, elemen pendukungnya seperti ketersediaan fasilitas dan infrastruktur pembelajaran yang lengkap di LPK Anita, serta adanya instruktur yang memiliki kompetensi dalam menyampaikan materi.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-21

Cara Mengutip

Riansyah, A., Iqbal, M., & Sudrajat, I. (2023). Pola Pembelajaran Program Kecakapan Hidup Menjahit di Lpk Anita Kota Serang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal, 1. Diambil dari https://ejournal.untirta.ac.id/SNPNF/article/view/70