Hasil Kemitraan Bank Sampah Digital dengan PT. Pigeon Indonesia sebagai Strategi Pemberdayaan Masyarakat di Desa Cikande Permai Kabupaten Serang

Penulis

  • Maria Gabriella Pendidikan Non Formal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Kata Kunci:

Bank Sampah, Kemitraan, Pemberdayaan Masyarakat

Abstrak

Kemitraan merupakan sebuah kolaborasi antar aktor yang bersama-sama untuk menjalankan perannya masing-masing dalam mencapai tujuan bersama. Kajian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui          Bagaimana Hasil Kemitraan Bank Sampah Digital Dengan PT. Pigeon Indonesia Sebagai Strategi Pemberdayaan Masyarakat di Desa Cikande Permai Kabupaten Serang. Dalam Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu 2 Pengelola dan 1 Pendamping Bank Sampah Digital, dan sasaran program 9 Masyarakat di Desa Cikande Permai. Hasil Penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa Hasil Kemitraan Bank Sampah Digital dengan PT. Pigeon yaitu output berupa Tabungan Bank Sampah yang dimiliki masyarakat Desa Cikande dan Pencapaian Desa Cikande mendapat penghargaan lingkungan yang bersih serta indikator pengamatan outputnya adalah  perubahan perilaku masyarakat. Outcome dari Program kemitraan ini adalah lingkungan menjadi lebih bersih, peningkatan branding terhadap Bank Sampah Digital, dan Peningkatan Nilai Proper Perusahaan. Jumlah Masyarakat Desa Cikande Permai yang tertarik dalam kegiatan Kemitraan ini sebanyak 112 orang. Frekuensi kehadiran masyarakat dikatakan naik turun karena jumlah sampah diproduksi dari rumah. Tingkat kemudahan program kemitraan karena kedua mitra diakui izin resmi dan pelaksanaan yang fleksibel kepada masyarakat. Jumlah dan Jenis Ide yang dikemukakan masyarakat beragam. Intensitas Kegiatan Petugas dalam mengendalikan masalah yang terjadi adalah terus memberikan edukasi kepada masyarakat. Meningkatnya kapasitas skala partisipasi masyarakat ditunjukkan dengan adanya kebiasaan baru masyarakat dalam mengelola sampah. Meningkatnya kepedulian dan respond masyarakat ditunjukkan dengan harapan yang diberikan. Dana yang dapat digali dan diperoleh masyarakat yaitu tabungan sampah yang dikumpulkan Masyarakat.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-21

Cara Mengutip

Gabriella, M. (2023). Hasil Kemitraan Bank Sampah Digital dengan PT. Pigeon Indonesia sebagai Strategi Pemberdayaan Masyarakat di Desa Cikande Permai Kabupaten Serang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal, 1. Diambil dari https://ejournal.untirta.ac.id/SNPNF/article/view/73