Pelaksanaan Pembelajaran Luring Pasca Pandemi Covid-19 pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Serang
Kata Kunci:
Pasca Pandemic, Pembelajaran, LuringAbstrak
Pembelajaran luring (tatap muka) sudah banyak dilaksanakan di berbagai lembaga pendidikan khususnya di Indonesia pasca pandemi covid-19. Salah satu lembaga pendidikan yang melaksanakan pembelajaran luring yaitu Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Serang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran luring pasca pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik dan pedoman pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi literatur. Sumber data penelitian ini terdiri dari 10 orang, yaitu 1 orang penanggung jawab program, 4 orang tutor dan 5 orang warga belajar. Proses pembelajaran setelah pandemi yang dialami oleh tutor SKB Kabupaten Serang yaitu motivasi belajar peserta didik menurun, tutor harus mampu merancang metode pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, serta pemanfaatan whatsapp sebagai media komunikasi antara tutor dengan peserta didik paket C.