Analisis Kurikulum Pendidikan Alternatif di Homeschooling

Penulis

  • Fanny Khaerunnisa Pendidikan Non Formal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Kata Kunci:

Pembelajaran aktif, Homeschooling, Pendidikan alternatif, Pembelajaran mandiri

Abstrak

Homeschooling merupakan salah satu lembaga pendidikan alternatif yang mendukung tujuan pendidikan nasional di Indonesia dan dilaksanakan secara mandiri di lingkungan keluarga. Homeschooling menawarkan pendekatan pembelajaran yang fleksibel, dinamis, terstruktur, dan tidak kaku yang menyesuaikan dengan kebutuhan belajar individu anak. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif untuk mengumpulkan informasi dan wawasan yang mendalam mengenai homeschooling. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif untuk mengumpulkan informasi dan wawasan yang mendalam mengenai homeschooling. Orang tua yang memilih Homeschooling harus menikmati waktu bersama anak-anak mereka dan berdedikasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka. Homeschooling menggunakan kurikulum yang fleksibel yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing siswa, menggunakan pendekatan tematik, aktif, konstruktif, dan kontekstual dalam pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-21

Cara Mengutip

Khaerunnisa, F. (2023). Analisis Kurikulum Pendidikan Alternatif di Homeschooling. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal, 1. Diambil dari https://ejournal.untirta.ac.id/SNPNF/article/view/79