Kurikulum Merdeka dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sebagai Solusi Menjawab Tantangan Sosial dan Keterampilan Abad-21
Kata Kunci:
Kurikulum merdeka, ppengembangan kurikulum, pembelajaranAbstrak
Kurikulum merdeka belajar dan pengembangan perangkat pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan abad ke-21 menjadi fokus perhatian dalam memperbarui pendidikan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis solusi yang berkelanjutan dalam pengembangan kurikulum dan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Metode yang digunakan adalah studi pustaka kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa solusi-solusi yang ditemukan meliputi fleksibilitas kurikulum, pendekatan interdisipliner, peningkatan keterlibatan peserta didik, pengembangan keterampilan abad ke-21, serta pemantauan dan evaluasi berkelanjutan. Fleksibilitas kurikulum memungkinkan penyesuaian konten pembelajaran dan metode pengajaran sesuai dengan perkembangan era digital dan revolusi industri 4.0. Pendekatan interdisipliner mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu dan mempromosikan pemahaman holistik. Peningkatan keterlibatan peserta didik mendorong keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran melalui penggunaan teknologi dan metode interaktif. Pengembangan keterampilan abad ke-21 fokus pada keterampilan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, kolaborasi, pemecahan masalah, literasi digital, dan kecakapan hidup. Pemantauan dan evaluasi berkelanjutan mendukung peningkatan efektivitas dan kualitas pembelajaran. Temuan ini memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan, menghasilkan peserta didik yang kompeten, serta memberikan pembelajaran yang relevan dan bermakna bagi masa depan mereka..