Pendekatan Pembelajaran STEAM Untuk Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini di SKB Kota Serang
Kata Kunci:
STEAM, Anak Usia Dini, PembelajaranAbstrak
Pendekatan STEAM adalah suatu pendekatan dalam pendidikan yang mengintegrasikan
konsep-konsep dari ilmu pengetahuan (Science), teknologi (Technology), rekayasa
(Engineering), seni (Arts), dan matematika (Mathematics). Pendekatan ini bertujuan untuk
mengembangkan pemikiran kritis, kreativitas, kolaborasi, dan keterampilan berbasis
masalah pada peserta didik. Dalam pendidikan, STEAM adalah pendekatan terintegrasi
yang menggabungkan mata pelajaran Sains, Teknologi, Teknik, Seni dan Matematika
sebagai sarana mengembangkan penyelidikan siswa, komunikasi dan pemikiran kritis
selama pembelajaran (Starzinski, 2017). Penelitian deskriptif digunakan dalam penelitian
ini melalui metode kualitatif. Peneliti melakukan penelitian ini menggunakan metode
observasi langsung yaitu dengan datang ke tempat penyelenggaraan yang berlokasi di
Berlokasi di Jl. Raya Petir KM. 4 Cipocokjaya Kec. Cipocok Jaya Serang, Kota Serang
Prov. Banten. Pengamatan dilakukan secara langsung di tempat yang menjadi objek
penelitian, sedangkan objek yang diamati adalah pelaksanaan program PAUD di SKB
Kota Serang. PAUD SKB Kota Serang telah menerapkan metode STEAM dalam
pembelajaran mereka. Dengan memanfaatkan metode STEAM, PAUD dapat memberikan
pengalaman pembelajaran yang beragam dan berarti bagi anak-anak.