Marketplace Guru : Evaluasi Manfaat dan Tantangan dalam Transformasi Pendidikan
Kata Kunci:
Marketplace, Guru, Transformasi, PendidikanAbstrak
Marketplace guru merupakan sebuah wadah yang direncanakan oleh Kemendikbudristek
untuk menjadi basis data talenta guru yang dapat diakses oleh seluruh sekolah. Melihat
banyak pro dan kontra dari banyak masyarakat terutama dari kalangan guru itu sendiri,
maka diperlukan peninjauan lebih lanjut terhadap kebijakan tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk melihat manfaat dan tantangan dari marketplace guru sebagai wujud
transformasi pendidikan. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif yang
bertujuan untuk menjelaskan, memahami, serta mengeksplorasi makna yang dianggap
sebagai permasalahan sosial atau permasalahan kemanusiaan oleh sejumlah individu atau
kelompok sosial tertentu. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini
menggunakan metode deskriptif, karena penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
dan menggambarkan fenomena yang ada dilapangan. Penelitian ini mengkaji
permasalahan sosial akibat dari akan diberkakukannya marketplace guru, melihat
kemungkinan manfaat dan tantangan marketplace guru yang harus jadi bahan
pertimbangan kedepannya. Pengumpulan dan analisis data yang dilakukan dengan
mencari studi pustaka. Dalam hal ini, landasan teori untuk mendukung penelitian
diperoleh melalui pencarian pustaka yang berasal baik dari buku, jurnal, berita, dan
sumber terpercaya lainnya mengenai marketplace guru. Hasil yang didapat terdapat
manfaat sebagai platform talenta guru, sehingga mampu mempercepat pengangkatan
guru honorer maupun guru PPG pra jabatan untuk menjadi ASN. Namun terdapat banyak
kehawatiran dan dampak negatif dari kebijakan ini, yang dapat menimbulkan nepotisme
dalam rekrutmen guru sehingga kesejahteraan guru terganggu.