PENGUATAN KOMPETENSI TUTOR PKBM DALAM MENGEMBANGKAN STRATEGI PENGAJARAN BERBASIS TRANSFORMATIVE LEARNING
Kata Kunci:
Pembelajaran Transformatif, PKBM, TutorAbstrak
Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan atas dasar permasalahan yang terjadi pada satuan PKBM di Seluruh Indonesia dan Provinsi Banten secara khusus. Dimana pendidikan kesetaraan yang diselenggarakan oleh satuan PKBM saat ini tidak menujukkan kondisi yang baik secara iklim dan orientasi outcome learning. Berdasarkan data yang di rilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Repulik Indonesia menujukkan indeks refleksi guru dengan justifikasi upaya guru atau tutor dalam peningkatan kualitas pembelajarannya masih sporadis atau hanya untuk menyelesaikan tugas saja atau dapat dikatakan guru masih pasif dalam berinteraksi. Bahkan dukungan kualitas pembelajaran memiliki karakteristik disoreintasi, dimana proses pembelajaran dukungan afektif dan aktivasi kognitif belum diberikan oleh guru secara maksimal. Sedangkan pembelajaran yang dilakukan pada pendidikan kesetaraan di satuan PKBM seharusnya mengimbangi karakteristik orang dewasa yang memiliki kekhasan dalam pengalaman. Dimana Proses pembelajaran perlu memberikan kesempatan dan aktivitas bermakna dengan menyediakan refleksi pengalaman dan aktivitas sensorik yang dirasakan oleh individu pembelajar. Dalam hal ini pembelajaran transformatif merupakan strategi dengan menekankan pada refleksi dan menggali makna hidup. Juga disisi lain untuk menyelesaikan persoalan disorientasi pembelajaran maka seorang tutor perlu terampil dalam melaksanakan pemebelajaran transofrmatif dengan mendukung kapasitas individu untuk memberikan pengalaman belajar dengan perspektif baru.